Ngeblog di Blogger.com Lagi

Daftar Isi
Ngeblog di Blogger.com

Mulai hari ini dan kedepannya kemungkinan saya tidak akan menulis artikel lagi di blog sugeng.id.

Semua postingan terbaru akan saya publikasikan di blog sugengblog.com ini yang baru saja saya buat.

Tidak seperti blog sugeng.id yang menggunakan WordPress, Blog baru ini saya buat menggunakan platform blogger.com.

Alasan Bikin Blog Baru

Ada beberapa alasan yang membuat saya memutuskan untuk membuat blog baru.

#1. Alasan pertama karena saya ingin mencoba hal baru dengan harapan bisa membangkitkan semangat menulis saya kembali.

Jujur saja sekarang saya sudah semakin malas menulis artikel di blog. Di blog sugeng.id sendiri saya hanya menulis artikel beberapa bulan sekali saja. Itupun dengan sedikit paksaan.

Harapan saya dengan adanya blog baru ini bisa memunculkan kembali semangat ngeblog seperti awal-awal pertama ngeblog dulu.

#2. Alasan kedua adalah karena saya kurang sreg menggunakan WordPress sebagai platform blogging.

CMS WordPress sebenarnya keren, fiturnya banyak, tapi jika tujuan utamanya adalah untuk blogging, menurut saya WordPress terlalu berlebihan, terlalu banyak fitur yang tidak begitu dibutuhkan.

Contoh fitur yang saya pribadi tidak begitu suka adalah editor konten di WordPress yang disebut Gutenberg.

Meskipun masih ada alternatif menggunakan plugin "Classic Editor" tapi tetap saja saya merasa kurang sreg.

#3. Alasan ketiga karena saya ingin lebih fokus untuk mendesain lebih banyak template blogger yang keren kedepannya.

Dengan membuat blog baru di blogger.com mudah-mudahan bisa membuat saya lebih fokus dalam mendesain template blogger.

Blog Sugeng.id Kedepannya

Terus blog sugeng.id apakah akan dimatikan, Mas?

Tidak dong.

Sugeng.id akan tetap aktif sebagai tempat saya memajang template-template blogger premium yang saya jual.

Selain itu sebagai tempat akses member area bagi pelanggan template dan juga yang mengikuti program afiliasi.

Beberapa artikel lama yang sudah ada di sugeng.id untuk beberapa waktu akan saya biarkan saja dan tidak akan diperbarui lagi.

Setelah itu kemungkinan semua artikel di sugeng.id akan saya redirect di blog ini dengan konten yang lebih up-to-date.

Mas Sugeng
Mas Sugeng Pembuat dan penjual template / tema blogger Indonesia.

94 komentar

Siap grak mas..
Mantab mas, sukses terus
Amin.. terima kasih.
Semoga saya ketularan semangat dan suksesnya mas sugeng,, baru belajar bloging mas..
Semangatt..
Comment Author Avatar
8/27/2020 Hapus
WP bagus buat jualan mas..hehehe kujuga terapkan itu
Betul mas, dipakai buat jualan mantull.
Comment Author Avatar
8/27/2020 Hapus
saya malah migrasi ke wp mas, niatnya mau cobain katanya pake wp seo lebih bagus soalnya ada plugin plugin dan gmpng nangkring di page one, tp malah agak kendor sekarang setelah blogger sekelas mas sugeng balik pake blogger 🀦🏻‍♂️
Maju terus jangan kendor, WP memang lebih bagus dari segi optimasi SEO.
Semangat selalu mas, saya insya Allah akan selalu baca tulisan tulisan mas sugeng hehehei.
rasanya ngelihat blog dan tulisan tulisan sampean rasanya saya juga ikut bersemangat menulis dan update blog, hehehei, bisa dibilang ini akan menjadi blog mood booster saya, sebagai penyemangat utama saya untuk ngeblog dan update article hehehei
Terima kasih banyak. Silakan ditunggu update tulisan-tulisan saya selanjutnya.
Comment Author Avatar
8/27/2020 Hapus
Ada penyemangat nih dari mas sugeng
Terima kasih mas.
Itu cara bikin logonya gimana mas, fontnya pake apa aja? Keren aoalnya hehe... Saya mau buat Surya Blog
Saya bikinnya manual pakai program Inkscape di windows 10. Fontnya pakai ini : https://www.dafont.com/moon-get.font
Comment Author Avatar
8/27/2020 Hapus
Selamat datang kembali di bloggerdotkom. πŸ˜‰ ditunggu template terbarunya yang sakti ☺ pasti tuku. Apalagi ada diskon for member πŸ€‘πŸ˜
Terima kasih. Semoga bisa segera rilis template terbaru.
kenapa pakenya LinkMagz mas?
Karena templatenya keren dan karena belum sempat bikin template khusus untuk dipasang di blog ini.
Comment Author Avatar
8/27/2020 Hapus
Optimasi SEO Blogger terbaru mas 2020. Ditunggu artikelnya dan update template nya hehe. Semngat nulis, sudah kangen dengan tulisan tulisan yang edukatif dan lugas
Siap mas, silakan ditunggu.
Comment Author Avatar
8/27/2020 Hapus
Blogcepot emang enggak ada matinya, ditambah mas sugeng pake blogcepot lagi :D
Betul mas, apalagi sekarang sudah diperbarui lagi tampilan dashboardnya. Tambah keren.
Comment Author Avatar
haysnahdamar
8/27/2020 Hapus
apakah blog ini bakal dipasang google adsense? hmmm... mari kita lihat nanti sodara-sodara.
Tergantung. Jika pageview blog ini bisa mencapai 5000+ per hari maka akan saya pasang AdSense. Tapi kalau di bawahnya tidak akan saya pasang AdSense.
haha blogger memang OK. Sejak awal sampai skrng saya tetap di per bloggeran
Joss mas.
Bukan buat mendalami new era blogger.com ya mas? Biasa pakai clasic sekarang aku kesulitan apa belum terbiasa gitu sama blogger yg baru. Jadi males deh.
Iya itu salah satu alasannya mas, lupa tidak dicantumkan di postingan.
Saya melihat pertanda blogger akan bangkit kembali dengan mas sugeng balik lagi ngeblog di blogger.
Semoga bisa bangkit kembali..
Wah, sama mas. Akhir-akhir ini saya nyobain pakai Blogger lagi ternyata enak juga. Memang kalau buat blog saja sudah lebih dari cukup. Untuk Gutenberg saya tidak masalah, saya malah suka sama editor ini. Yang saya mulai gak suka dari WP itu masalah kompabilitasnya sama tema dan plugin yang saya pakai. Soalnya dah dua kali ini, update major selalu bermasalah. Makanya kalau mau update WP biasanya nunggu lama dulu. Btw sukses dengan blog barunya mas, ditunggu update artikel terbarunya :)
Betul mas, masalah kompabilitas dengan tema dan plugin juga menjadi salah satu yang bikin kurang sreg.

Beberapa kali blog ini error tidak bisa diakses setelah melakukan pembaruan salah satu plugin yang terpasang di blog.

Saat ini WordPress sedang dalam proses pembaruan yang cukup besar. Kedepannya bakalan sering terdapat pembaruan dan bakalan banyak tema/plugin yang mengalami masalah kompabilitas.
Comment Author Avatar
8/28/2020 Hapus
wow jadi ragu nih mau migrasi ke WP
Aku menjadi lebih semangat lagi mas,,,Selalu setia dengan hasil karya dari mas...
Terima kasih banyak.
Nggak dibikin subdomain aja mas, jadi http://blog.sugeng.id ?
Pengin bikin blog baru + domain baru.
Comment Author Avatar
8/28/2020 Hapus
Keren mas... Ditunggu template-templatenya yang lebih fresh lagi...
Keren apanya mas?
Comment Author Avatar
8/28/2020 Hapus
Mantap mas, semoga bisa update di versi viomagz yg lebih ganteng. Klo bisa ky gini nide gelap gelapn ghuut ghut ghut.
Akan diusahakan
Comment Author Avatar
8/28/2020 Hapus
Mengenai blogspot, bagaimana pendapat mas sugeng tentang AMP utk blog2 lama yg artikelnya udah bejibun,, susah bgt bwt updatenya
Kalau saya pribadi kurang rekomen pakai template AMP dan harus edit artikel yang sudah banyak.

Lebih baik nunggu ada fitur resmi dari blogger untuk mengaktifkan versi amp, atau nunggu ada template versi AMP yang bisa otomatis tanpa harus edit postingan yang sudah banyak.
Berkarya terus mas saya usahain datang ke sini terus cari-cari informasi mas Sugeng yang up to date
Terima kasih, akan diusahakan.
Comment Author Avatar
8/29/2020 Hapus
Kenapa ga coba github page mas? Dengan skill koding mas sugeng mungkin bikin web di sana lebih enak dibandingkan di blogger.
Tapi saya akui meski blogger dibilang jadul, saya masih make juga.
Saya pribadi jualan template blogger mas, jadi lebih masuk akal jika lebih memilih membuat blog di blogger.

Jika blogger disebut jadul saya kurang setuju mas, sekarang blogger sudah banyak mengalami pembaruan.
Comment Author Avatar
Anonim
8/29/2020 Hapus
Mas sugeng, boleh minta perbaikan viomagz amp karena ada error terbaru di blogger. Katanya ada update di bulan agustus
Mohon maaf template VioMagz AMP sudah tidak diperbarui lagi.
Mas bisa tanya-tanya nggak? Ini soal template, tapi bukan mau beli wkwk. Saya sedang buat template dan ada kesulitan, dibagian featuredposts. Dibagian blog juga udah pasang script filter tapi tetep aja yang muncul di featuredposts tetap muncul juga di bagian blog.
Jika belum berfungsi seperti apa yang diinginkan maka penulisan kodenya belum benar. Coba ulang sampai berhasil.
Blogger juga skrng lg dimanjakan google. Banyak domain blogspot nangkring di pageone. Intinya adalah konsistensi dan artikel saling terkait (1 niche) lebih bagus buat pengguna blogger. Bahkan bisa ngalahin sekelas situs raksasa.
Betul mas, tergantung optimasi yang punya blog juga.
Mas kenapa namanya sugengblog.com? tidak mengikuti blog demo mas sugeng. misalnya pake blog.sugeng.id gitu. hehehe maap mas aku orgnya agak perpeksionis, jd lihat nama blog mas sugeng ini berasa agak gimanaaa gitu, haha
Karena ingin pakai domain baru.

Awalnya memang bingung milih nama domain, akhirnya pakai domain ini.
Comment Author Avatar
9/03/2020 Hapus
Sukses terus mas sugeng
Blog baru, semangat baru. Semoga rizki nya tambah banyak dan berkah ya Mas Sugeng.
Comment Author Avatar
Anonim
9/05/2020 Hapus
Mantap Sekaleh Mas.. Coba deh dieksplor mas.. Buat mirip template baru dengan gaya homepage searchenginejournal.com

Pasti laris.. Hehe
Semoga semakin sukses dan berkah ya Mas Sugeng. Makasih udah share banyak pengalaman blogging nya
Comment Author Avatar
9/11/2020 Hapus
Cie mas sugeng balik ke blogger, mantap mas sukses terus. Saya ngikutin mas sugeng terus lho dari dulu
Semoga semakin sukses mas.
Semoga kedepannya leboh semangat lagi untuk nge-blog dan semangat untuk bikin template
bangkit lagi mas
Tapi memang ini saya rasakan sendiri, khususnya orang2 yang bisa buat template blogger sendiri (dalam artian sudah paham seluk beluknya blogger) lebih nyaman main di blogger walau fitur terbatas tapi ada saja jalan untuk ngakalinya dan yang pasti lebih irit pengeluaran.
Comment Author Avatar
11/29/2020 Hapus
Ditunggu mas, template terbaik lainnya, wajib punya template link magazine ini, wong pemiliknya aja pakai sebagai default template tsb di blog utamanya
Comment Author Avatar
12/10/2020 Hapus
Wah, blog baru nya mirip blog saya. Beli di Sugeng.id juga ya mas?
Comment Author Avatar
12/11/2020 Hapus
bertobatlah dan kembalilah ke wp, karena wp itu lebih canggih dari pada blogspot, bisa kita lihaat dari segi amp, blogspot kalah telah sejak 7 tahun yang lalu..
Mantap mas, aku barusan pindah dari Blogger ke WP, eh masnya pindah lagi ke Blogger. Wkwkwk
Comment Author Avatar
1/22/2021 Hapus
Hebat anda mas sugeng, masih muda berpenghasilan tinggi.
Mas vio toko jadi di update?
Recent categorynya di home belum ada ya?
Comment Author Avatar
H
3/12/2021 Hapus
Mas Sugeng, mau tanya, bagaimana cara pasang gambar utk header yang ukurannya agak besar di linkmagz serta cara mengatur posisi gambar ditengah/dipinggir, terima kasih sebelumnya mas
bener banget mas. Saya udah lebih 3 kali nyoba beli hosting. Malah ada yang baru berjalan 3 bulan langsung balik lagi ke blogger. Suka kesel ama pluign minta update, versi wordpress minta update juga.

edit sana sini malah jadi error. Begitu juga dengan harga template yang lumayan mahal. Pas udah beli malah jadi ga suka.

Oh iya mas, saya ada domain yang tadinya pakai hosting dan akhirnya saya pindahin ke blogger lagi biar tanpa hosting. Yang jadi masalah, domain tersebut jadi tidak mau di index. Blogspot yang tadinya udah keindex malah jadi tidak terindex pas dipakai domain tersebut.

Kira-kira masalahnya apa ya mas ? Pernah ada pengalaman seperti itu ga ?

Terima kasih mas
terimaksih mas atas comebacknya, saya mungkin juga mewakili rekan rekan semua merasan kembali lebih bersemangat lagi dengan menggunakan blogger.
Comment Author Avatar
Anonim
3/13/2021 Hapus
Mas! kalo mau bikin gambar postingan yang full layar kayak gini gmn caranya?
Comment Author Avatar
3/13/2021 Hapus
Waaah selamat mas... Semoga semakin laris dan berkemajuan. Saya sudah koleksi 3 template lhooo. he
menurut saya sih blogger itu unik dan menantang, keren lah kalo buat blogging,...
Comment Author Avatar
TM
3/17/2021 Hapus
Di tunggu karya lainnya mas.

Saya sendiri lagi kebingungan memilih template untuk blog tutorial dengan sedikit pembahasan, saya udah beli linkmagz tapi agaknya kurang cocok untuk blog yang akan saya bangun.

Apakah di pekenankan jika saya kirim design yang saya idamkan? barangkali bisa jadi referensi mas sugeng untuk next karyanya :)
Salah satu blogger legend Indonesia. Go ahead, suhu....
Comment Author Avatar
5/30/2021 Hapus
ditunggu mas update terbarunya. Ohya, untuk artikel yang di sugeng.id banyak yang sudah di hapus ya? kok perasaan kemarin banyak jadi sedikit sisanya panduan setting template aja.
😌pengen coba WP selfhost. Tapi selama masih ada blogger + domain tld gpplah sembari mengumpulkan modal........ template dri mas Sugeng ok pokoknya ane juga pake di salah satu blog ane
Comment Author Avatar
1/24/2022 Hapus
Mantap, kalau saya sudah pindah dari blogger ke self hosting.
Bug blogger yang saya benci adalah AGC, dengan mudah nya tools Scrapx sitemap menyalin semua artikel saya. Tiap bulan ada terus, sekali scrapx langsung full sampe akar
Mantap mas Sugeng
Comment Author Avatar
9/28/2022 Hapus
Salam kenal mas sugeng. Saya awal kenal blog juga th 2011 sampai 2014 setelah itu lama gak ngeblog gegara fokus MLM. Setelah sekian lama ternyata sekarang sudah pesat sekali perkembangan dunia blog.
Comment Author Avatar
11/01/2022 Hapus
Bang apakah nanti bakal ada template blogger gratis lagi yang abang buat? Saya menantikan hal itu
Hallo mas Sugeng, mau nanya. Saya punya dua blog, blog utama saya (pakai template Viomagz) pengunjung dan lalu lintas google cukup bagus, tetapi artikelnya gado gado. Saya mau redirect artikel dari blog utama saya yang pakai template viomagz ke blog cadangan. Cara redirect yang baik dan benar bagaimana mas, mohon sarannya mas. Terima kasih banyak sebelumnya. salam><
Comment Author Avatar
Anonim
10/31/2023 Hapus
Kalau penyebab blogspot di hapus google tanpa alasan apa ya mas? Saya pemula, katanya kalau pakai blogspot sering dihapus, mending pake wordpress? bisa kasi penjelasan mas. thx u
Comment Author Avatar
10/31/2023 Hapus
Kurang tahu, bikin blog di blogspot sejak 2011 belum pernah dihapus tanpa alasan.
Comment Author Avatar
11/28/2023 Hapus
mungkin ada konten yang di bilang ilegal oleh google, saya pernah membuat halaman disclaimer di google, di situ ada kata kata yang tidak boleh di tulis sembarangan,... oh iya saya mau tanya sama mas sugeng nih, gimana cara agar situs saya di setujui sama adsense. saya sudah melakukan semua nya dan lengkap, tapi belum di stujui selama 2 tahunan, alasannya kenapa ya, padahal view saya sudah hampir nyentuh 6000 views dalam waktu 2 minggu
Comment Author Avatar
Dfp
11/18/2023 Hapus
bang cara atasi masalah pada gsc yang suka tidak di indek karena redirect gimana bang
Comment Author Avatar
12/05/2023 Hapus
Ditunggu template terbarunya mas..., oia cara ganti icon twitter terbaru gimana ya mas? enggak ada pembaruan lagi?
Tetap semangat mas, sudah mau masuk 4 tahun adsense saya masih aktif itu semua karena template yang super keren dari mas sugeng.
Saya Paling demen beli template sana sini , tp setelah saya utak-atik dan paling cepet datangnya iklan adsense , Template mas Sugeng lah yang saya belum bisa tinggalin ,, ringan di HP dan desktop responsive adsense langsung keluar , bikin cpcnya jadi banyak .... Semoga ada produk baru lagi biar makin banyak tampilan barunya mas
Mantap mas. Jadi makin semangat nih.