Blog Lama Tidak Terindeks di Google? Ini Penyebab dan Solusinya

Google Indexing

Bagi blogger pemula yang baru belajar mengelola blog sering kali muncul kekhawatiran ketika blog atau postingan yang dibuatnya tidak kunjung terindeks di Google.

Kekhawatiran tersebut wajar mengingat mesin pencari Google masih menjadi sumber trafik pengunjung blog terbesar di Internet.

Setiap blogger tentunya ingin blognya bisa muncul di mesin pencari Google dengan harapan bisa mendapatkan banyak pengunjung.

Sebelum bisa mendapatkan banyak pengunjung dari mesin pencari Google, hal pertama yang perlu dipastikan adalah blog kita harus sudah terindeks di mesin pencari Google.

Nah bagi sobat yang saat ini blog atau postingannya masih belum terindeks, di bawah ini saya akan bagikan beberapa penyebab kenapa blog lama tidak terindeks dan juga beberapa tips supaya blog atau postingan bisa cepat terindeks.

Cara Cek Apakah Blog Sudah Terindeks atau Belum

Sebelum dilanjut ke tips-tipsnya, pertama saya akan jelaskan dulu beberapa cara yang benar untuk mengecek apakah blog kita sudah terindeks di Google atau belum.

Tidak sedikit blogger menggunakan metode yang kurang tepat dalam mengecek apakah blognya sudah terindeks atau belum.

Salah satunya adalah dengan mengetikkan kata kunci langsung di mesin pencari, entah itu kata kunci sesuai dengan judul blog ataupun judul postingan.

Ketika blog atau postingan tidak ada di halaman pertama atau bahkan halaman 10 sesuai dengan kata kunci yang diketikkan, bukan berarti artinya belum terindeks. Bisa saja blog atau postingannya sudah terindeks tapi berada di halaman paling belakang.

Dan meskipun kata kuncinya minim persaingan, atau bahkan tidak ada persaingan sama sekali, tidak ada jaminan blog sobat akan otomatis langsung ada di halaman pertama.

Mesin pencari Google merangking halaman web bukan hanya berdasarkan kata kunci saja, tapi banyak faktor lainnya.

1. Cek URL di Mesin Pencari Google

Cara pertama adalah dengan mengecek URL blog atau postingan langsung di mesin pencari Google.

Yups, yang diketik di mesin pencari bukan judul blog atau judul postingan tapi URL-nya.

Untuk mengecek URL blog (homepage), gunakan kata kunci seperti ini :

site:www.sugengblog.com

Untuk postingan contohnya seperti ini :

site:www.sugengblog.com/2022/12/cara-daftar-google-search-console.html

Jika muncul di Google berarti sudah terindeks, jika tidak ada berarti belum terindeks. Sesimple itu.

Cek Apakah Blog Terindex

2. Cek URL di Google Search Console

Jika blog sobat sudah didaftarkan ke Google Search Console, sobat bisa juga cek lewat dashboard Google Search Console.

Caranya sobat masuk ke Google Search Console, klik menu "Inspeksi URL" setelah itu masukkan URL yang akan dicek.

Inspeksi URL

Jika URLnya sudah terindeks, di situ akan ada keterangan "URL ada di Google" dengan icon checkmark berwarna hijau.

Jika URLnya belum terindeks, di situ akan ada keterangan "URL tidak ada di Google."

NOTE :

Ketika mengecek URL melalui Google Search Console harus diketik URL yang sebenarnya.

Misalnya jika kita mengecek URL homepage tanpa menyertakan WWW di depannya, maka keterangannya akan muncul "URL tidak ada di Google" meskipun URL sebenarnya sudah terindeks.

Begitu juga dengan URL versi seluler yang di belakangnya terdapat tambahan parameter ?m=1. Secara default URL versi seluler tidak akan terindeks di Google karena merupakan versi kanonis (versi duplikat) dari URL aslinya.

Inspeksi URL

Penyebab Blog Tidak Terindeks

Setelah sudah mengetahui cara yang benar untuk mengecek apakah blog kita sudah terindeks atau belum, selanjutnya kita juga perlu mengetahui beberapa penyebab yang membuat blog atau postingan kita lama terindeks atau bahkan tidak terindeks sama sekali di mesin pencari Google.

1. Blog dan Domain Masih Baru

Penyebab paling umum adalah karena blog dan juga domain yang kita gunakan masih baru. 

Kata "Baru" di sini sifatnya relatif, bisa 1 bulan 2 bulan atau lebih.

Misalnya jika kita membuat blog dan tidak pernah diurus selama satu tahun, maka blog tersebut masih bisa dianggap sebagai blog baru.

Blog-blog yang tergolong masih baru memang indexnya akan lebih lama ketimbang blog-blog yang sudah lama.

Penyebabnya pertama karena Google masih belum mengetahui keberadaan blog kita, kedua karena blog kita masih belum memiliki reputasi sehingga akan diprioritaskan lebih rendah ketimbang blog-blog lain yang sudah ada lebih lama.

3. Diblok oleh Meta Tag

Sebagai pemilik blog atau website, kita bisa memberitahu bot mesin pencari supaya tidak mengindex blog yang kita miliki, caranya yaitu dengan menggunakan kode Meta Tag Noindex.

Saya yakin tidak ada blogger yang menginginkan blognya tidak terindeks di Google, dan sengaja memasang kode Meta Tag Noindex.

Hal yang paling mungkin terjadi adalah karena kesalahan setting Meta Tag sehingga mesin pencari Google tidak bisa mengindex blog kita.

Di blogger setelan Meta Tag bisa diakses di menu Setelan > Crawler dan pengindeksan > Aktifkan tag header robot kustom.

Ketika kita mengaktifkan fitur tersebut harus hati-hati supaya tidak salah setting.

Saran saya untuk setelan meta tag tersebut lebih baik dinonaktifkan saja. Kecuali jika sobat benar-benar paham cara kerjanya.

2. Diblok oleh robots.txt 

Selain bisa menyuruh bot mesin pencari untuk tidak mengindex blog kita, kita juga bisa memberitahu bot mesin pencari untuk tidak merayapi blog kita atau halaman-halaman tertentu di blog kita, yaitu menggunakan file robots.txt.

Kode Meta Tag dan robots.txt memiliki fungsi yang berbeda. 

Jika kode Meta Tag memberitahu bot mesin pencari apakah blog kita boleh diindex atau tidak, sedangkan robots.txt memberitahu bot mesin pencari apakah blog kita boleh dirayapi atau tidak.

Meta Tag = Pengindeksan

robots.txt = Perayapan

Jadi meskipun bot mesin pencari diblok menggunakan file robots.txt, blog kita masih tetap bisa muncul di hasil pencarian.

Cuma jika kita salah setting pada file robots.txt akan membuat proses indexing akan lebih lama, atau bahkan tidak terindeks sama sekali.

Di blogger setelan file robots.txt bisa diakses di menu Setelan > Crawler dan pengindeksan > Robots.txt Kustom.

Untuk mengindari salah setting, saran saya lebih baik nonaktifkan fitur tersebut.

4. Domain Pernah Dibanned Google

Yang terakhir mungkin sangat kecil kemungkinan terjadi, tapi bisa saja terjadi, yaitu karena domain yang digunakan dulunya pernah dibanned oleh Google.

Penyebab domain dibanned bisa saja karena domain tersebut dulunya pernah digunakan pada web spam atau malware.

Sayangnya tidak ada cara untuk kita supaya bisa mengetahui apakah domain yang kita gunakan memang dibanned atau tidak.

Tapi kita bisa menggunakan tool Wayback Machine untuk melihat riwayat sebuah web / domain.

Jika domainnya dulu pernah digunakan oleh website yang mencurigakan, maka ada kemungkinan domain tersebut memang sudah pernah dibanned oleh Google.

Tips Supaya Blog Cepat Terindeks

Nah di bawah ini adalah beberapa tips supaya blog atau postingan di blog kita bisa cepat terindeks di mesin pencari Google.

1. Daftar dan Submit Sitemap di Google Search Console

Tips pertama adalah pastikan blog sobat sudah didaftarkan ke Google Search Console dan juga sudah submit file sitemap.

Dengan mendaftar dan submit sitemap ke Google Search Console akan mempercepat bot mesin Pencari Google untuk menemukan blog kita dan juga postingan-postingan yang ada di blog kita.

Untuk penjelasan lengkapnya silakan bisa baca postingan saya tentang Cara Daftar Google Search Console dan Submit Sitemap untuk Blogger.

2. Rutin dan Konsisten Update Konten

Seberapa sering robot google dalam merayapi blog berbeda-beda antara satu blog dengan blog lainnya.

Yang paling mempengaruhi adalah popularitas dari blog yang dirayapi. Jika blognya sangat populer blog tersebut bisa dirayapi robot google beberapa kali per jam, atau bahkan per menit.

Sedangkan untuk blog-blog baru yang kurang populer mungkin akan dirayapi sekali per minggu, atau bahkan satu kali per bulan.

Itulah alasan kenapa blog-blog baru indexnya sangat lama.

Kita harus lebih rutin dan konsisten dalam mengupdate konten di blog kita supaya lebih cepat mendapatkan popularitas. Banyak backlink, banyak yang share, dll.

3. Request Pengindeksan Setiap Membuat Postingan Baru

Salah satu solusi supaya blog atau postingan di blog kita cepat terindeks tanpa harus menunggu blog kita populer adalah dengan "memaksa" robot google untuk merayapi dan mengindex blog kita. Caranya bisa dilakukan melalui Google Search Console. 

Silakan sobat masuk ke Google Search Console, klik menu Inspeksi URL, masukkan URL yang ingin diindex, setelah itu klik "MINTA PENGINDEKSAN"

Minta Pengindeksan

Biasanya dengan cara tersebut blog atau postingan akan terindeks kurang dari 24jam.

Jadi selama blog sobat masih baru dan belum begitu populer, biasakan untuk melakukan request pengindeksan melalui Google Search Console.

4. Bangun Internal Linking yang Baik

Internal linking merupakan salah satu teknis SEO on-page yang sudah terbukti sejak lama. Selain dapat membantu meningkatkan ranking, internal linking juga membantu dalam hal perayapan robot mesin pencari.

Internal linking dalam hal perayapan fungsinya sama seperti sitemap yang kita submit ke Google Search Console, yaitu memudahkan robot mesin pencari menemukan halaman/postingan yang ada di blog kita.

Ngomong-ngomong internal linking itu apaan, Mas?

Internal linking adalah link dari satu halaman/postingan ke halaman/postingan lain yang ada di blog kita sendiri.

Misalnya kita membuat postingan baru, nah di dalam postingan tersebut kita beri link yang menuju ke postingan lain yang lebih lama.

Widget-widget seperti popular posts, related posts, atau recent posts yang menampilkan daftar postingan juga termasuk internal linking.

Tapi banyak yang berpendapat bahwa internal linking yang ada di dalam postingan jauh lebih memberikan efek ketimbang yang ada di widget.

5. Sabar dan Nikmati Proses

Setelah melakukan semua tips-tips di atas, selanjutnya kita hanya perlu bersabar dan menikmati prosesnya.

Penutup

Mungkin hanya sampai di sini saja postingan saya kali.

Jika ada typo di postingan ini mohon beritahu saya di kolom komentar soalnya saya sering bikin typo.

Terima kasih.

Mas Sugeng
Mas Sugeng Spesialis pembuat Template Blogger sejak tahun 2011. Sugeng.id.

43 komentar untuk "Blog Lama Tidak Terindeks di Google? Ini Penyebab dan Solusinya"

Comment Author Avatar
Pertamaxxxxxx gak ya?

Ini masalah saya juga sih, saya pindah dari wp org ke blogger sudah hampir satu bulan, tapi yang muncul di pencarian google masih link yang lama (wp org)
Comment Author Avatar
Pertamaxxx,

Jika pindah dari WP ke blogger pastikan URL postingan yang lama diredirect ke URL postingan yang baru lewat menu pengalihan.
Comment Author Avatar
Sudah saya alihkan semua mas, satu persatu mulai kembali. Memang butuh waktu yang cukup lama ya agar link yang lama hilang dari pencarian.

Soalnya pas saya cek site:situssaya yang link lama masih cukup banyak yang muncul.

Akhirnya Pertamaxxxx ahahaha
Comment Author Avatar
Betul mas, memang butuh waktu lama. Bisa sampai berbulan-bulan sampai semua postingannya diperbarui semua di hasil pencarian.
Comment Author Avatar
Mas, bikin tips cara penempatan iklan dong supaya meningkatkan penghasilan hehe. Saya pake template dari mas sugeng, linkmagz sama viomagz.
Comment Author Avatar
Anonim 5/19/2023
Blognya sudah pakai AdSense ya, waktu mas daftar pakai menu kya privacy/disclaimer ya?
Comment Author Avatar
Tidak pakai menu menu tersebut.
Comment Author Avatar
Saya juga ada beberapa artikel yang tidak terindex, ntah kenapa udah hampir 6 bulan gak terindeks juga, ada solusi mas..??

Saya sudah cek berulang kali artikelnya gak ada yang aneh2, apa lagi duplikat.
Comment Author Avatar
Kalau sampai 6 bulan sih kayaknya ada yang tidak benar mas.
Comment Author Avatar
Waduh kira2 ngeceknya gimana ya mas..?
Comment Author Avatar
Dan ini yang sekarang buat saya pusing, domain utama terindex tapi artikel gk keindex smpe sekarang..

Tapi memang sih blognya masih hitungan minggu, meskipun domainnya sudah pernah digunakan berapa tahun yg lalu.. Semoga karena itu.
Comment Author Avatar
Ya memang penyebabnya itu mas, karena domain/blognya masih baru.
Comment Author Avatar
Btw... blog ini menggunakan template apa ya mas?
Comment Author Avatar
tutor setting tag header dong mas 😁
Comment Author Avatar
Kalo kasusnya seperti ini bagaimana mas ?

Jadi dulu blog saya sehat dan normal bahkan beberapa artikel sempet ranking di page one, meski posisinya gak selalu berada di paling atas.

Namun ada satu kesalahan yang saya buat, karna saking inginnya mempunyai backlink akhirnya saya beli backlink di FB dengan harga yang sangat murah.

Tapi karna minimnya pengetahuan saya, ternyata backlink yang di suntikan ke blog saya adalah backlink spam, yang membuat beberapa artikel diblog saya hilang dari mesin pencari google.

Btw ada cara untuk menyembuhkan blog saya itu gak yah ? Katanya sih lagi masuk ke google sandbox, karna pas di cari di mesin pencari lain seperti Bing, yandex, search Yahoo blog saya masih ada di page one hanya di google saja blog saya gak terdeteksi.

Semoga ada solusi, btw ini udah bulan ke 10 blog saya gak terdeteksi di google karna suntik backlink
Comment Author Avatar
Blognya benar-benar hilang atau hanya turun ranking saja di Google?

Coba cek menggunkanan kata kunci:

site:https://example.com atau site:https://example.com/2023/09/postingan.html

Kalau benar-benar hilang sepertinya agak susah untuk menyembuhkannya. Tapi kalau hanya turun ranking masih sangat bisa disembuhkan.

Pertama pastikan di Google Search Console tidak ada peringatan error, jika ada lakukan perbaikan.

Kedua, postingan yang rankingnya turun bisa diedit ulang, dilengkapi atau diperbaiki artikelnya.

Ketiga, buat postingan baru yang saling berkaitan topiknya dan buat internal linking antara postingan.
Comment Author Avatar
Anonim 10/24/2023
Kasus saya 170 posyingan cuman 30 yg keindex.. lainnya hanya crawled. Kenapa ya... sama mau konekkan adsense juga susah gagal tifam bsia verifikasi
Comment Author Avatar
Sudah menerapkan solusi di atas atau belum?
Comment Author Avatar
Mas, kalo kita memasang widget Baca Juga secara otomatis apakah itu termasuk Internal Link dan apakah dampaknya baik?? terimakasih
Comment Author Avatar
Termasuk Internal Link, cuma kemungkinan tidak terlalu berpengaruh terhadap crawling/indexing karena linknya digenerate otomatis menggunakan javascript. Internal Link yang bagus yang dipasang secara manual di dalam postingan.
Comment Author Avatar
Brarti yang lebih baik seperti Baca Juga: Link artikel blognya ya mas??
Comment Author Avatar
Kerasa banget sekarang sulitnya index artikel baru. Index makin sulit, persaingan makin ketat, minat membaca manusia makin berkurang. Lengkap banget derita blogger sekarang. Makasih mas artikelnya, sangat membantu.
Comment Author Avatar
Tetap semangat mas.. memang antusias blog ga sebesar dulu. namun suatu hari nanti masih dibutuhkan
Comment Author Avatar
Mudah-mudahan akan ada titik terang untuk kita semua mas.
Comment Author Avatar
Anonim 10/30/2023
Mas, kan sekarang ada isu kalo domain my id itu sulit terindex, dan saya ngerasain itu. Menurut mas, apakah jika pengaturan blog sudah sesuai, ada peluang gak mas domain my id itu bisa terindex?

Jujur aja, saya takut nanti sudah cape nulis banyak artikel dan sudah lama tapi tidak terindex.

Btw saya pakai my id karena murah, dan karena untuk blog personal (tidak ada rencana diuangkan), jadinya saya beli langsung 10 tahun.
Comment Author Avatar
Kalau dicek di google banyak kok blog/website yang pakai domain my.id yang sudah terindex.

Cek di sini : https://www.google.com/search?q=site%3A.my.id

Biasanya isu-isu seperti itu tidak bisa dipastikan kebenarannya.
Comment Author Avatar
Saya juga ada domain yang gunakan my.id, saya ingin coba saja apa bisa bersaing dengan yang lain. Suka ada perasaan ragu juga sih.
Comment Author Avatar
mas kalo internal link itu yaitu link yang mengarah ke postingan/halam lain yang ada diblog yg sama kan?
Comment Author Avatar
Betul, kalau mengarah ke blog/website lain namanya link external.
Comment Author Avatar
oke mas, kalau untuk penggunaan linknya bagaimana ya apa boleh hanya ambil bagian belakang urlnya aja tanpa domain utamanya misalnya:

/2023/03/postingan.html
/p/halaman.html
Comment Author Avatar
Boleh belakangnya saja tanpa menulis alamat domainnya.
Comment Author Avatar
baik mas, terimakasih atas jawabannya
Comment Author Avatar
Bang,, bagi cara seting tag robot header dong. Bingung karena tiap blog beda beda
Comment Author Avatar
kasus yg sama gan,,,sampai sekarang mumet mikirin itu,,, :D
Comment Author Avatar
mas sugeng untuk cara mengatasi kesalahan pengalihan pada webmaster gimna mas
Comment Author Avatar
Udah beberapa bulan di google console terindex,tp ketika di ketik di pencarian google gak ada satupun yang keluar
Comment Author Avatar
Saya sudah coba terapkan teknik mencicil postingan yang belum terindeks untuk minta pengindeksan tiap hari. Kelihatannya sekarang kita dituntut lebih sabar dan konsisten nih sama abah google :)
Comment Author Avatar
currently not indexed, awalnya 22 setelah tes ulang ulang akhirnya skr tinggal 5 buah artikel
Comment Author Avatar
Mas Sugeng, mau nanya, ketika kita menggunakan template mas sugeng, apakah kita masih harus menambahkan kode tags yang lain secara manual atau sudah tidak perlu lagi Mas karena mungkin sudah di setting oleh Mas Sugeng di html nya ?
Comment Author Avatar
Tidak perlu menambah kode-kode lain secara manual.